Apa Arti Tanda Bintang di Visa Amerika?

Amerika Serikat telah lama menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan di seluruh dunia. Namun, untuk dapat mengunjungi negara ini, calon wisatawan harus melengkapi sejumlah syarat, salah satunya adalah memiliki visa. Visa Amerika Serikat dibagi dalam berbagai jenis, dan masing-masing dari jenis visa tersebut diberi tanda bintang untuk menunjukkan tujuannya. Bagi calon wisatawan yang bingung dengan arti tanda bintang di visa Amerika, berikut adalah penjelasannya.

Arti Tanda Bintang di Visa Amerika

Tanda bintang pada visa Amerika Serikat adalah singkatan dari “Class of Nonimmigrant Visa”. Tanda bintang ini terdapat di sebelah kiri atas visa dan menunjukkan jenis visa yang diberikan kepada pemegangnya. Jenis visa yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat berdasarkan tanda bintang tersebut akan ditentukan oleh tujuan dan jangka waktu kunjungan seseorang.

Jenis-Jenis Visa Amerika Serikat

Ada berbagai jenis visa Amerika Serikat, dan masing-masing dari jenis visa tersebut diberi tanda bintang yang berbeda. Berikut adalah daftar jenis-jenis visa Amerika Serikat dan arti tanda bintang yang ada di visa mereka:

– Visa B1/B2: Visa jenis ini diberikan kepada wisatawan yang akan melakukan perjalanan bisnis atau wisata ke Amerika Serikat. Tanda bintang untuk visa ini adalah “B1” untuk perjalanan bisnis dan “B2” untuk perjalanan wisata.

– Visa C1/D: Visa jenis ini diberikan kepada penumpang kapal atau pesawat yang akan transit atau berlayar ke Amerika Serikat. Tanda bintang untuk visa ini adalah “C1” untuk transit dan “D” untuk penumpang kapal atau pesawat.

– Visa F: Visa jenis ini diberikan kepada pelajar asing yang akan mengikuti program studi di Amerika Serikat.

– Visa H: Visa jenis ini diberikan kepada pekerja asing yang akan bekerja di Amerika Serikat sesuai dengan program kerjasama yang telah disetujui oleh pemerintah Amerika Serikat dan negara asal mereka.

– Visa I: Visa jenis ini diberikan kepada wartawan asing yang akan meliput acara di Amerika Serikat.

– Visa J: Visa jenis ini diberikan kepada pelajar asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat.

– Visa K: Visa jenis ini diberikan kepada pasangan atau anak-anak asing yang akan menikah atau menjadi anak angkat dari warga negara Amerika Serikat.

– Visa L: Visa jenis ini diberikan kepada pegawai asing yang akan bekerja di Amerika Serikat sesuai dengan program kerjasama yang telah disetujui oleh pemerintah Amerika Serikat dan negara asal mereka.

– Visa M: Visa jenis ini diberikan kepada pelajar asing yang akan mengikuti program studi di Amerika Serikat.

– Visa N: Visa jenis ini diberikan kepada anak-anak asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat.

– Visa O: Visa jenis ini diberikan kepada pegawai asing yang akan bekerja di Amerika Serikat sesuai dengan program kerjasama yang telah disetujui oleh pemerintah Amerika Serikat dan negara asal mereka.

– Visa P: Visa jenis ini diberikan kepada atlet asing, pelatih olahraga, atau petugas suporter olahraga yang akan bekerja di Amerika Serikat.

– Visa Q: Visa jenis ini diberikan kepada pelajar asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat.

– Visa R: Visa jenis ini diberikan kepada pegawai gereja asing yang akan bekerja di Amerika Serikat.

Keterangan Tanda Bintang pada Visa

Ada beberapa keterangan tanda bintang yang sering ditemukan pada visa Amerika Serikat, dan masing-masing dari keterangan tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah daftar keterangan tanda bintang pada visa Amerika Serikat dan artinya:

– “B1”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai wisatawan bisnis.

– “B2”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai wisatawan wisata.

– “C1”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai penumpang transit.

– “D”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai penumpang kapal atau pesawat.

– “F”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pelajar asing.

– “H”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pekerja asing.

– “I”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai wartawan asing.

– “J”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pelajar asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar.

– “K”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pasangan atau anak-anak asing yang akan menikah atau menjadi anak angkat dari warga negara Amerika Serikat.

– “L”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pegawai asing.

– “M”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pelajar asing.

– “N”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai anak-anak asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar.

– “O”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pegawai asing.

– “P”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai atlet asing, pelatih olahraga, atau petugas suporter olahraga.

– “Q”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pelajar asing yang akan mengikuti program pertukaran pelajar.

– “R”: Tanda bintang ini menunjukkan bahwa pemegang visa berstatus sebagai pegawai gereja asing.

Persyaratan untuk Mendapatkan Visa Amerika Serikat

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon wisatawan yang ingin mendapatkan visa Amerika Serikat, antara lain:

– Memiliki paspor yang masih berlaku dan memiliki sisa waktu berlaku sekurang-kurangnya 6 bulan dari tanggal akan meninggalkan Amerika Serikat.

– Memiliki foto ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang putih dan berwarna. Foto tersebut harus diambil dalam waktu 6 bulan terakhir dan menampilkan wajah penuh serta rambut yang ditutupi untuk wanita.

– Memiliki dokumen yang menunjukkan tujuan dan jangka waktu kunjungan ke Amerika Serikat, seperti tiket pesawat atau surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja.

– Memiliki dokumen yang menunjukkan kemampuan untuk menutupi biaya perjalanan dan biaya hidup selama di Amerika Serikat, seperti rekening bank atau surat keterangan dari orang tua atau teman dekat.

– Memiliki dokumen yang menunjukkan kemampuan untuk pulang ke negara asal, seperti tiket pesawat atau surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja.

Cara Mendapatkan Visa Amerika Serikat

Calon wisatawan yang ingin mendapatkan visa Amerika Serikat dapat mengajukan permohonan visa dengan cara mengisi formulir permohonan visa secara online, kemudian mengirimkan formulir tersebut ke alamat kedutaan atau konsulat Amerika Serikat yang terdekat, atau mengirimkan formulir tersebut melalui jasa pengiriman. Setelah itu, calon wisatawan akan dijadwalkan untuk melakukan wawancara dengan petugas kedutaan atau konsulat Amerika Serikat.

Tips untuk Menghindari Kebingungan dengan Visa Amerika Serikat

Untuk menghindari kebingungan dengan visa Amerika Serikat, calon wisatawan disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut:

– Selalu membawa paspor dan visa Amerika Serikat saat akan pergi ke Amerika Serikat.

– Mengisi formulir permohonan visa dengan benar dan lengkap.

– Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa Amerika Serikat sebelum mengajukan permohonan visa.

– Mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas kedutaan atau konsulat Amerika Serikat saat melakukan wawancara.

– Mempersiapkan diri untuk wawancara dengan petugas kedutaan atau konsulat Amerika Serikat dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shopee website