5 Contoh Cerpen Beserta Strukturnya : Ulasan Lengkap

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya – Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu bentuk karya sastra yang dapat menyampaikan pesan dan emosi dalam waktu yang singkat. Sebuah cerpen yang baik harus memiliki struktur yang jelas dan efektif untuk menarik perhatian pembaca serta menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dengan jelas.

Berikut ini adalah 5 contoh cerpen beserta strukturnya.

5 Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

1. Cinta yang Terabaikan

Judul: “Cinta yang Terabaikan”
Konflik: Si cewek yang selalu berusaha menunjukkan perhatian pada si cowok, tapi si cowok tidak membalas perhatiannya.
Plot: Pengenalan karakter, Konflik, Krisis, Klimaks, Resolusi.
Tema: Cinta, Perhatian, Kekecewaan.

Hari itu, di sebuah kampus yang berada di pinggiran kota, terdapat seorang cewek bernama Sarah. Sarah adalah seorang mahasiswa semester akhir yang sedang sibuk menyelesaikan tugas akhirnya. Namun, di antara semua kesibukannya, ada satu hal yang selalu mengganggu pikirannya, yaitu cowok yang selalu duduk di depannya di kelas.

Cowok itu bernama Alex. Alex adalah mahasiswa yang pintar dan sangat populer di kampus. Sarah sering merasa senang jika bisa duduk di dekat Alex. Ia selalu berusaha memberikan perhatian dan memuji kecerdasan Alex setiap kali ada kesempatan. Namun, sayangnya, Alex selalu meresponnya dengan senyuman dan berbicara dengan sopan, tapi tidak lebih dari itu.

Sarah merasa kecewa dan frustasi. Ia tak tahu harus berbuat apa lagi untuk mendapatkan perhatian Alex. Apalagi, sekarang tugas akhirnya sedang mendesak dan ia harus fokus. Namun, ketika hari presentasi tugas akhir tiba, Sarah merasa sangat gugup dan khawatir. Ia takut gagal dan merasa sendirian.

Tapi, di saat-saat genting seperti itu, tiba-tiba Alex datang dan menyatakan bahwa ia selalu menyukai Sarah. Alex berkata bahwa ia terlalu fokus pada prestasinya dan lupa untuk memberikan perhatian pada orang yang peduli padanya. Sarah merasa sangat bahagia dan senang. Ia merasa semua perjuangannya selama ini tidak sia-sia.

Setelah presentasi selesai, Alex dan Sarah pergi makan bersama. Mereka membicarakan banyak hal dan saling berbagi cerita tentang kehidupan mereka. Sarah merasa bahwa ia akhirnya mendapatkan perhatian yang ia cari selama ini dan Alex merasa senang bisa mengenal Sarah lebih baik. Kini, mereka menjadi teman yang dekat dan saling peduli satu sama lain.

Sarah belajar bahwa terkadang kita harus memberikan perhatian pada orang yang ada di sekitar kita, bukan hanya terfokus pada diri sendiri. Alex belajar bahwa kebahagiaan sejati tidak hanya didapatkan dengan kesuksesan semata, tetapi juga dengan memiliki teman yang peduli.

Dari cerita ini, kita dapat belajar bahwa cinta tidak selalu berarti membutuhkan seseorang untuk membalas perasaan kita. Kadang-kadang, cinta juga berarti memberikan perhatian pada orang yang kita sayangi, tanpa mengharapkan balasan apapun.

2. Kembalilah Padaku

Judul: “Kembalilah Padaku”
Konflik: Hubungan percintaan yang putus karena salah paham.
Plot: Pengenalan karakter, Konflik, Penyelesaian Konflik, Klimaks, Resolusi.
Tema: Cinta, Kesalahpahaman, Kepercayaan.

Santi dan Rizky adalah sepasang kekasih yang telah menjalin hubungan selama dua tahun. Mereka berdua adalah mahasiswa di universitas yang sama dan sering terlihat bersama di kampus. Namun, belakangan ini hubungan mereka menjadi renggang dan tidak seperti dulu lagi.

Hal itu terjadi karena adanya kesalahpahaman antara Santi dan Rizky. Santi merasa Rizky telah mengkhianatinya karena melihat Rizky bertemu dengan seorang wanita lain yang belum pernah dikenalnya sebelumnya. Santi merasa sangat marah dan kecewa dan langsung mengakhiri hubungannya dengan Rizky.

Namun, pada hari-hari berikutnya, Santi mulai merasa kesepian dan merindukan Rizky. Ia berusaha untuk menghubungi Rizky, tetapi Rizky tidak pernah mengangkat telepon atau membalas pesan Santi. Santi merasa semakin kecewa dan bingung tentang apa yang harus dilakukannya.

Sampai suatu saat, Santi melihat Rizky di kampus bersama seorang wanita yang sama seperti yang ia lihat sebelumnya. Namun, kali ini, ia melihat bahwa wanita itu adalah sepupu Rizky yang baru datang dari luar kota. Santi merasa sangat menyesal karena telah salah mengartikan situasi dan membuat keputusan gegabah.

Santi pun memutuskan untuk mencoba memperbaiki hubungannya dengan Rizky. Ia mengirim pesan dan menelpon Rizky berkali-kali dan akhirnya Rizky menjawab. Santi menceritakan kesalahpahamannya dan meminta maaf atas keputusan yang ia ambil. Rizky memahami dan menyatakan bahwa ia masih mencintai Santi dan ingin memperbaiki hubungan mereka.

Santi dan Rizky pun berjanji untuk saling mempercayai satu sama lain dan berkomunikasi lebih baik ke depannya. Mereka merasa sangat bahagia bisa kembali bersama dan menyelesaikan masalah yang telah membelah hubungan mereka.

Dari cerita ini, kita dapat belajar bahwa kesalahpahaman dalam hubungan bisa merusak kepercayaan dan menghancurkan hubungan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu berkomunikasi dengan jelas dan terbuka dalam hubungan dan tidak membuat keputusan gegabah berdasarkan prasangka.

3. Teman yang Berbeda

Judul: “Teman yang Berbeda”
Konflik: Seorang siswa baru yang berusaha berteman dengan siswa yang sudah lama bersekolah.
Plot: Pengenalan karakter, Konflik, Klimaks, Resolusi.
Tema: Persahabatan, Toleransi, Penerimaan.

Dika adalah seorang siswa baru di SMA Bintang Jaya. Dia pindah dari kota lain karena ayahnya mendapat tawaran kerja di kota ini. Dika merasa kesepian di sekolah baru karena ia tidak mengenal siapa-siapa.

Suatu hari, Dika melihat seorang siswa bernama Rizal yang tampak sangat ramah dan populer di sekolah. Dika ingin berteman dengan Rizal, tetapi ia merasa takut ditolak karena berbeda dengan Rizal.

Rizal adalah anak yang berasal dari keluarga kaya dan terkenal di kota itu. Sementara Dika berasal dari keluarga sederhana dan tidak punya banyak teman di sekolah. Meskipun begitu, Dika tetap mencoba untuk mengajak Rizal bicara dan menunjukkan ketertarikannya pada Rizal.

Namun, Rizal awalnya tidak terlalu tertarik untuk berteman dengan Dika. Dia merasa bahwa Dika terlalu berbeda dari lingkungan sekolah mereka dan mungkin tidak bisa beradaptasi dengan mudah.

Namun, Dika terus berusaha dan menunjukkan sikap yang baik pada Rizal. Dia menolong Rizal ketika Rizal kesulitan dalam pelajaran dan membantu Rizal saat Rizal mendapatkan masalah dengan teman-temannya.

Lama-kelamaan, Rizal mulai merasa nyaman dengan keberadaan Dika dan mengetahui bahwa mereka sebenarnya memiliki banyak kesamaan meskipun dari latar belakang yang berbeda. Mereka akhirnya menjadi teman yang baik dan saling menghargai perbedaan satu sama lain.

Dari cerita ini, kita bisa belajar bahwa persahabatan sejati dapat terjalin meskipun berbeda latar belakang dan keadaan sosial. Penting bagi kita untuk bisa menerima perbedaan dan menjaga sikap toleransi pada orang lain.

4. Perjuangan Hidup

Judul: “Perjuangan Hidup”
Konflik: Seorang pekerja yang menghadapi berbagai kesulitan dalam hidupnya.
Plot: Pengenalan karakter, Konflik, Krisis, Klimaks, Resolusi.
Tema: Ketenangan, Perjuangan, Keberhasilan.

Rudi adalah seorang pekerja yang telah bekerja selama 15 tahun di pabrik. Dia memiliki seorang istri dan dua anak yang masih kecil. Meskipun dia bekerja keras setiap hari, dia masih merasa kesulitan dalam menghidupi keluarganya.

Rudi memiliki banyak tagihan yang harus dibayar setiap bulannya dan gaji yang dia terima dari pabrik tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dia sering merasa tertekan dan merasa bahwa hidupnya tidak memiliki arti.

Suatu hari, Rudi dipecat dari pabrik karena perusahaan memutuskan untuk mengurangi jumlah karyawan. Hal ini membuat Rudi merasa putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa.

Namun, Rudi tidak menyerah begitu saja. Dia terus berjuang dan mencari pekerjaan baru. Dia mencoba untuk membuka usaha kecil dengan membuka toko sembako di depan rumahnya. Awalnya, bisnis ini tidak berjalan lancar, tetapi Rudi tetap bertahan dan bekerja keras.

Setelah beberapa bulan, bisnis Rudi mulai berkembang dan dia mulai mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menghidupi keluarganya. Rudi merasa lega dan bahagia karena berhasil melewati masa-masa sulit dalam hidupnya.

Dari pengalaman ini, Rudi belajar bahwa hidup penuh dengan perjuangan. Tidak semua hal berjalan lancar, tetapi jika kita terus berjuang dan tidak menyerah, kita akan berhasil melewati masa-masa sulit dan meraih keberhasilan. Penting bagi kita untuk memiliki ketenangan dan keyakinan dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

5. Rahasia Kecil

Judul: “Rahasia Kecil”
Konflik: Seorang anak yang menemukan sebuah rahasia keluarga.
Plot: Pengenalan karakter, Konflik, Klimaks, Resolusi.
Tema: Keluarga, Rahasia, Kepercayaan.

Siska adalah seorang anak berusia 10 tahun yang tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kecil di pinggiran kota. Dia adalah anak yang cerdas dan aktif, suka bermain dengan teman-temannya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Siska sangat dekat dengan keluarganya, terutama dengan ibunya. Mereka sering berbicara tentang segala hal dan Siska merasa bahwa dia selalu bisa mempercayai ibunya.

Suatu hari, ketika sedang bermain di loteng rumahnya, Siska menemukan sebuah kotak tua yang tersembunyi di balik tumpukan barang bekas. Dia membuka kotak itu dan menemukan sebuah buku harian tua yang berisi kisah hidup ibunya sejak kecil. Siska sangat terkejut dan penasaran. Ibu Siska selalu terlihat bahagia dan penyayang, tapi ternyata hidupnya tidak selalu mudah. Siska terkejut mengetahui bahwa ibunya pernah mengalami banyak kesulitan dan penderitaan yang membuatnya sangat tegar dan kuat.

Siska merasa bingung dan terganggu dengan rahasia keluarganya yang baru dia temukan. Dia tidak tahu harus berbicara dengan ibunya atau tidak. Siska merasa khawatir bahwa ibunya akan kecewa padanya karena membaca buku harian rahasianya. Namun, dia tidak bisa berhenti berpikir tentang rahasia itu dan akhirnya memutuskan untuk berbicara dengan ibunya.

Ibu Siska sangat terkejut ketika Siska membawa buku harian itu dan menanyakan tentang rahasia keluarganya. Awalnya, ibu Siska terlihat sedih dan tidak ingin membicarakannya, tapi Siska terus mendesak dan akhirnya ibu Siska mulai bercerita tentang hidupnya yang sulit dan perjuangannya untuk menjadi orang yang dia kenal saat ini.

Ketika mendengarkan cerita ibunya, Siska merasa sedih dan juga bersalah karena sudah membaca buku harian rahasianya. Namun, ibunya hanya tersenyum dan memeluknya. Dia mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan membaca buku harian itu, dan bahwa dia sangat bangga dengan Siska karena sudah berani menghadapi kenyataan.

Dari kejadian itu, Siska belajar bahwa kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam keluarga. Dia juga belajar bahwa rahasia keluarga tidak selalu buruk, dan kadang-kadang kita harus berbicara tentang hal-hal yang sulit untuk bisa lebih memahami orang yang kita sayangi. Siska merasa lebih dekat dengan ibunya setelah itu dan merasa bahwa mereka bisa mempercayai satu sama lain dalam segala hal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shopee website