7+ Contoh Essay Tentang Diri Sendiri yang Bagus dan Keren

Membuat Essay terkadang agak susah karena kita harus menentukan apa saja yang akan kita tulis. Terkadang untuk beberapa kondisi seperti melamar kerja dll, Anda akan dituntut untuk menuliskan Essay tentang diri anda.

Pada Artikel ini akan kita sajikan cara menulis essay hingga contoh essay tentang diri sendiri yang bisa digunakan sebagai acuan kalian.

Cara Membuat Essay Tentang diri Sendiri

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat essay tentang diri sendiri:

  1. Buatlah outline atau kerangka essay. Tuliskan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan dalam essay tersebut.
  2. Tulislah tentang latar belakang dan keluarga Anda. Ini bisa meliputi informasi tentang asal, pendidikan, pekerjaan, dan keluarga.
  3. Tulislah tentang keterampilan dan keahlian Anda. Ini bisa meliputi informasi tentang bidang yang Anda minati, bakat yang Anda miliki, dan keterampilan yang Anda kuasai.
  4. Tulislah tentang minat dan hobi Anda. Ini bisa meliputi informasi tentang aktivitas yang Anda sukai, benda-benda atau hal-hal yang Anda cintai, dan hal-hal yang membuat Anda bahagia.
  5. Tulislah tentang nilai dan keyakinan Anda. Ini bisa meliputi informasi tentang hal-hal yang Anda percayai, hal-hal yang Anda takuti, dan hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup.
  6. Tulislah tentang prestasi dan pencapaian Anda. Ini bisa meliputi informasi tentang hal-hal yang Anda banggakan, hal-hal yang Anda capai, dan hal-hal yang Anda harapkan.
  7. Revisi dan edit essay Anda. Periksalah kesalahan-kesalahan gramatikal dan spelling, dan pastikan bahwa essay Anda memiliki alur yang jelas dan mudah dipahami.
  8. Buatlah kesimpulan yang kuat. Berikan ringkasan tentang apa yang telah Anda tulis dalam essay dan berikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

Ingatlah bahwa essay tentang diri sendiri harus mencerminkan kepribadian Anda dan memberikan gambaran yang jelas tentang siapa Anda sebagai individu. Jangan ragu untuk menunjukkan keunikan dan kekhasan Anda dalam essay tersebut.

Contoh Essay Tentang Diri Sendiri

Berikut adalah contoh soal essay tentang diri sendiri beserta contoh jawabannya, antara lain:

1. Tentang Diri Saya dan Hobi Saya

Saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang teknologi informasi. Saya lahir dan dibesarkan di kota kecil di Jawa Tengah. Saya memiliki beberapa hobi, termasuk membaca buku, menonton film, dan berolahraga.

Membaca buku adalah hobi favorit saya karena membantu saya memperluas pengetahuan dan memperkaya imajinasi saya. Saya juga menyukai olahraga karena membantu saya memelihara kesehatan dan membuat saya merasa lebih baik setelah melakukannya.

2. Tentang Diri Saya dan Visi dan Misi Saya

Saya adalah seorang individu yang berdedikasi dan memiliki semangat untuk belajar dan berkembang. Saya lahir dan dibesarkan di kota besar di Jawa Timur dan sejak kecil saya selalu tertarik dengan teknologi dan inovasi.

Visi saya adalah menjadi seorang profesional di bidang teknologi yang membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui inovasi dan pemecahan masalah. Misi saya adalah terus belajar dan berkembang sebagai individu dan profesional serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

3. Tentang Diri Saya dan Impian Saya

Saya adalah seorang individu yang memiliki semangat tinggi dan energi positif. Saya lahir dan dibesarkan di kota kecil di Sumatera Utara dan sejak kecil saya selalu tertarik dengan bidang sosial dan kemanusiaan.

Impian saya adalah membantu memperbaiki kualitas hidup orang banyak melalui program sosial dan kemanusiaan yang saya lakukan. Saya percaya bahwa dengan membantu orang lain, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.

4. Tentang Keterampilan dan Prestasi Saya

Saya adalah seorang individu yang memiliki banyak keterampilan dan prestasi yang membanggakan. Saya lahir dan dibesarkan di kota kecil di Jawa Barat dan sejak kecil saya selalu tertarik dengan bidang olahraga dan musik.

Saya memiliki keterampilan dalam bermain bola dan biola yang membuat saya meraih beberapa prestasi di kedua bidang tersebut. Saya percaya bahwa melalui keterampilan dan prestasi ini, saya dapat membantu orang lain dan memberikan inspirasi bagi mereka untuk mencapai impian mereka.

5. Tentang Minat dan Keahlian Saya

Saya adalah seorang individu yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang teknologi dan desain. Saya lahir dan dibesarkan di kota besar di Jawa Timur dan sejak kecil saya selalu tertarik dengan bidang teknologi dan desain.

Saya memiliki keahlian dalam menggunakan software desain dan teknologi yang membuat saya dapat membuat beberapa karya yang memukau. Saya percaya bahwa melalui minat dan keahlian ini, saya dapat membantu orang lain dan memberikan solusi bagi masalah mereka.

6. Tentang Kebiasaan dan Nilai-nilai Saya

Saya adalah seorang individu yang memiliki beberapa kebiasaan dan nilai-nilai yang kuat. Saya lahir dan dibesarkan di kota kecil di Sumatera Barat dan sejak kecil saya selalu dibesarkan dengan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan toleransi.

Saya memiliki kebiasaan membantu orang lain dan selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan orang lain. Saya percaya bahwa melalui kebiasaan dan nilai-nilai ini, saya dapat menjadi individu yang lebih baik dan membantu orang lain.

7. Tentang Latar Belakang dan Prestasi Keluarga Saya

Saya adalah seorang individu yang memiliki latar belakang dan prestasi keluarga yang membanggakan. Saya lahir dan dibesarkan di kota besar di Sumatera Utara dan saya berasal dari keluarga yang peduli dan memiliki semangat tinggi. Keluarga saya memiliki prestasi yang membanggakan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan olahraga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shopee website