Lukisan Ekspresionisme: Pengertian, Ciri Ciri, Contoh, Hingga Pelukis

Lukisan Ekspresionisme – Seni lukis ekspresionisme adalah salah satu aliran seni rupa modern yang muncul di Eropa pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Aliran ini sangat memperhatikan pengungkapan emosi dan perasaan yang kuat, serta keadaan psikologis manusia melalui penggunaan warna dan bentuk yang eksaggeratif, serta goresan kuas yang kasar dan spontan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian aliran ekspresionisme dalam lukisan, ciri-ciri lukisan gaya ekspresionisme, daftar pelukis yang menganut aliran ini di Indonesia dan luar negeri, serta contoh-contoh karya lukisan ekspresionisme dari pelukis-pelukis terkenal.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan mendalam mengenai seni lukis ekspresionisme bagi pembaca.

Pengertian Aliran Ekspresionisme dalam Lukisan

Ekspresionisme merupakan aliran seni rupa modern yang muncul pada awal abad ke-20 di Eropa. Aliran ini lahir sebagai reaksi terhadap aliran seni rupa akademik yang dianggap kaku dan membosankan pada masa itu.

Lukisan ekspresionisme menampilkan pengungkapan emosi dan perasaan yang kuat melalui penggunaan warna yang ekspresif dan bentuk-bentuk yang eksaggeratif.

Sebagai hasilnya, karya seni ekspresionisme seringkali terlihat agak kasar, kasar, dan seringkali menyeramkan.

Ciri-Ciri Lukisan Gaya Ekspresionisme

Berikut adalah beberapa ciri-ciri lukisan gaya ekspresionisme:

  • Pengungkapan emosi yang kuat
  • Penggunaan warna yang ekspresif dan gelap
  • Penggunaan bentuk-bentuk yang eksaggeratif
  • Goresan kuas yang kasar dan spontan
  • Lukisan yang terlihat kasar dan tidak terlalu teratur
  • Tidak terlalu memperhatikan proporsi tubuh manusia atau bentuk-bentuk lain

Daftar Pelukis yang menganut aliran Ekspresionisme

Berikut adalah beberapa pelukis yang terkenal dengan karya-karya ekspresionisme mereka, baik dari dalam negeri maupun luar negeri:

  1. Edvard Munch (Norwegia) – Pelukis terkenal yang terkenal dengan karyanya yang berjudul The Scream (1893).
  2. Vincent van Gogh (Belanda) – Pelukis terkenal yang menganut gaya ekspresionisme pada akhir hidupnya dan dikenal dengan karya-karyanya yang eksentrik dan indah, seperti Starry Night (1889).
  3. Ernst Ludwig Kirchner (Jerman) – Salah satu pendiri gerakan seni ekspresionisme Die Brücke (The Bridge) pada tahun 1905.
  4. Emil Nolde (Jerman) – Pelukis dan penulis asal Jerman yang menganut aliran ekspresionisme dan terkenal dengan karyanya yang berjudul The Prophet (1912).
  5. Affandi (Indonesia) – Pelukis Indonesia terkenal yang dikenal dengan lukisan ekspresionisme dan kubisme.
  6. Amrus Natalsya (Indonesia) – Pelukis Indonesia yang terkenal dengan karyanya yang memadukan keunikan dan keindahan, termasuk dalam karya-karyanya yang beraliran ekspresionisme.

Contoh Lukisan Ekspresionisme

Berikut adalah beberapa contoh lukisan ekspresionisme dan pelukis yang menciptakannya:

  1. The Scream (Edvard Munch) – Karya terkenal pelukis Norwegia yang menggambarkan sosok yang sedang menjerit dengan latar belakang matahari terbenam yang dramatis.
  2. Starry Night (Vincent van Gogh) – Karya terkenal pelukis Belanda yang menggambarkan langit malam yang indah dan penuh bintang.
  3. Street, Berlin (Ernst Ludwig Kirchner) – Lukisan yang menggambarkan suasana kota Berlin yang ramai dan penuh dengan keriuhan, dengan goresan kuas yang kasar dan warna-warna yang kontras.
  4. The Prophet (Emil Nolde) – Karya pelukis Jerman yang menggambarkan seorang nabi dengan goresan kuas yang kasar dan warna-warna yang cerah.
  5. Affandi’s Self Portrait (Affandi) – Lukisan self-portrait pelukis Indonesia Affandi, yang menggambarkan dirinya dengan ekspresi yang dramatis dan goresan kuas yang liar.
  6. Tri Hita Karana (Amrus Natalsya) – Lukisan karya pelukis Indonesia Amrus Natalsya yang menggambarkan konsep Tri Hita Karana dalam budaya Bali dengan gaya ekspresionisme yang khas, dengan warna-warna yang cerah dan goresan kuas yang spontan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shopee website